Uji Coba Aturan Ganjil Genap di Kota Bandung

Kota Bandung rencananya akan segera uji coba aturan ganjil genap nomor kendaraan. Hal tersebut dilakukan menyusul adanya usulan dari Kementerian Perhubungan untuk memecah kemacetan di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan adanya usulan tersebut karena Bandung masuk dalam kategori kota yang memiliki tingkat kemacetan cukup parah di dunia.

“Sebenarnya sejak awal Mang Oded saat masih jadi wakil wali kota sudah mendiskusikan hal ini, kita mencoba pola ganjil genap mengikuti pola Jakarta,” ujar Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (27/9/2018).

Menurut Oded, dengan adanya usulan tersebut dorongan untuk memberlakukan ganjil genap semakin kuat. Meski begitu pihaknya belum akan mengambil keputusan kapan akan dilakukan sebelum ada kajian menyeluruh.

“Saya sudah minta Dishub untuk melakukan kajian sekaligus koordinasi dengan pihak kepolisian untuk aturan ganjil genap ini. Nanti baru bisa ditentukan akan diterapkan di mana, dan kapan. Kalau saya sih inginnya secepatnya (diuji coba),” Ungkapnya.

Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi pun mengatakan bahwa pihaknya akan menggandeng kepolisian untuk melakukan kajian. Pihaknya hanya dapat membuat regulasi, namun tak bisa melakukan penindakan.

“Kita kan hanya bisa bikin Perwal, tetap yang melakukan penegakan hukum atau tilang itu kepolisian. Makanya minggu depan kita akan mulai kajian ini,” paparnya.

Mengenai jalan mana yang akan dijadikan percontohan, Didi menyebutkan masih belum bisa menentukan. Tetapi aturan ganjil genap ini tidak bisa dilakukan di jalur arteri primer atau penghubung antar kota.

“Jadi yang paling memungkinkan untuk diuji coba jalur tengah antara Jalan Ahmad Yani-Asia Afrika. Tapi tetap kita harus melalui kajian dulu,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: