Tips Mengatasi Flu Saat Hamil

Daya tahan tubuh ibu hamil pada umumnya memang cenderung melemah sehingga rentan untuk terkena penyakit, termasuk flu. Ibu hamil juga tidak bisa minum obat flu yang beredar di pasaran. Nah, bagaimana mengatasi flu saat hamil?

Bagi ibu hamil yang mulai merasakan gejala flu sebaiknya mencegah perkembangan flu jadi semakin parah dengan beberapa cara berikut:

Perbanyak istirahat

Ibu hamil disarankan untuk banyak beristirahat dan mengurangi aktivitas berat. Jika Anda adalah ibu hamil yang aktif bekerja, maka sebaiknya hindari bekerja lembur dan manfaatkan waktu istirahat siang di kantor dengan baik.

Makan makanan sehat

Tak hanya beristirahat, ibu hamil juga disarankan untuk makan makanan sehat dan memperbanyak asupan bergizi seperti sayur dan buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C. Saat flu, ibu hamil juga disarankan untuk makan makanan yang hangat seperti sup untuk membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

Kumur air garam

Ibu hamil disarankan meringankan batuk dengan cara alami yaitu berkumur dengan air hangat dan garam. Lakukan sehari 2-3 kali selama beberapa hari hingga tenggorokan terasa membaik.

Periksakan ke dokter

Saat sedang hamil, Ibu hamil tak diperbolehkan minum sembarang obat karena dapat membahayakan kondisi janin. Sebagian dokter melarang penggunaan obat flu pada ibu hamil sebelum usia kehamilan memasuki 12 minggu, namun ada juga yang melarang hingga kehamilam mencapai 28 minggu.

Untuk meredakan demam, dokter biasanya memberikan parasetamol. Selain itu obat yang termasuk aman bagi ibu hamil adalah dekstrometorfan, guaifenesin, atau obat lain sesuai resep dokter.

Meskipun flu sebenarnya adalah penyakit yang tergolong ringan, namun bisa berbahaya bagi ibu hamil. Untuk pencegahannya, Anda bisa melakukan vaksinasi influenza selama kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: