Tips Atasi Kurang Tidur Untuk Ibu Baru

Setelah sang buah hati terlahir, jam biologis sudah pasti akan berubah drastis. Di tengah malam bayi akan sering bangun karena lapar atau mungkin tak nyaman dengan popoknya yang sudah penuh. Ibu juga harus bangun dan menenangkan si kecil. Kurang tidur tentu akan selalu menghampiri seorang ibu.

Namun, tubuh yang segar dan bugar akan mendukung aktivitas ibu. Oleh sebab itu, meski kurang tidur, ibu harus tetap segar. Berikut tips untuk mengatasi kurang tidur karena jam biologis yang berubah.

  1. Pertama buat jadwal bergantian dengan suami untuk merawat si kecil. Bicarakan dengan pasangan masalah pembagian waktu untuk merawat bayi secara bergantian. Ini akan membantumu dan suami sama-sama memiliki waktu istirahat yang cukup.
  2. Manfaatkan waktu sebaik mungkin kurangi melakukan hal-hal yang kurang penting. Saat istirahat, sebaiknya hindari bermain ponsel secara berlebihan atau melakukan kegiatan yang membuatmu merasa lelah. Utamakan untuk istirahat dan mengganti waktu tidur yang kurang.
  3. Jam tidur bayi jelas masih berantakan. Ibu bisa pelan-pelan melatih bayi untuk berdaptasi dengan waktu tidur yang normal. Caranya dengan membiasakan bayi makan, bangun, mandi di jam yang sama.
  4. Tak hanya itu, ibu disarankan untuk menjemur bayi di pagi hari supaya jam biologis tubuhnya menyesuaikan kapan waktu tidur dan bangun.
  5. Yang terpenting adalah ibu wajib menjaga asupan nutrisi yang sehat. Makan makanan yang memiliki gizi seimbang. Buah dan sayur serta air putih yang banyak akan membantu tubuh ibu agar selalu bugar.

Semoga informasi ini menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: