Taman Tematik Menjadi Area Wisata Masyarakat

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung tengah melakukan penataan taman-taman di dalam Kompleks Pemda Kabupaten Bandung.

Taman-taman tersebut, diharapkan akan menjadi prototipe (percontohan) penataan taman di wilayah-wilayah.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bandung Erwin Renaldi menyebutkan, penyediaan taman ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas ruang publik di Kabupaten Bandung. Menurut nya, pembangunan taman baik di dalam Kompleks Pemda Kabupaten Bandung maupun di wilayah-wilayah kecamatan di Kabupaten Bandung dibangun secara tematik.

“Taman-taman di kompleks (Pemda Kabupaten Bandung) sebagai prototipe penataan taman di wilayah-wilayah. Di samping itu juga, keberadaan taman di kompleks pemda ini juga menjadi area wisata untuk masyarakat sekitar. Jadi ada multifingsi dengan adanya taman-taman ini terlebih kami membangun taman ini secara tematik,” ujar Erwin saat ditemui di Soreang, Kamis 11 April 2019.

Mengenai anggaran penataan beberapa taman yang dikelola Disperkimtan ini, Erwin menyampaikan, alokasi anggaran pada tahun ini mencapai sekiar Rp 8 miliar lebih. Alokasi anggaran tersebut di antaranya dialokasikan untuk UPT Taman sebesar Rp 2 miliar, anggaran pemeliharaan taman Rp 2 miliar, dan penataan taman Rp 4 miliar termasuk penataan taman lainnya.

Erwin mengatakan, tak hanya membangun taman tematik di kawasan Pemkab Bandung ini, pihaknya pun membangun taman alun-alun termasuk revitalisasi alun-alun di antaranya di Alun-alun Ciparay, Majalaya, dan Banjaran.

Program revitalisasi alun-alun tersebut, lanjut dia, ada kesamaan ide dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut sebagai bentuk upaya menyediakan ruang publik dan meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: