Stop Membandingkan Tumbuh Kembang Anak

Seringkali orangtua membanding-bandingkan tumbuh kembang anaknya dengan anak yang lain. Tak sedikit orangtua yang merasa paling benar sehingga sering menganggap pola asuh yang dilakukan orangtua lainnya kurang tepat.

Tumbuh kembang setiap anak tentu tak sama. Sebaiknya stop membandingkan antara satu dan lainnya. Ketika mendapati anak memiliki berat badan ideal dan kesehatannya mengesankan sedangkan kita mendapati anak orang lain badannya kurus dan lebih mudah sakit, hal tersebut tak selalu seperti itu, karena orangtuanya memiliki pola asuh atau merawatnya dengan cara yang kurang tepat.

Ada juga anak-anak yang sudah mendapat perawatan terbaik namun memiliki daya tahan tubuh yang kurang mengesankan. Bahkan anak-anak yang dirawat dengan biasa saja dan tak ada yang istimewa darinya, ia justru tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.

Para ahli kesehatan menyebut bahwa setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda.

Mengenai Tumbuh Kembangnya, Anak Memiliki Fasenya Sendiri-sendiri

Mulai dari fase anak tengkurap, duduk, berjalan dan lainnya, setiap anak memiliki fasenya sendiri-sendiri. Ada juga fasenya yang sangat cepat dan ada pula yang cukup terlambat. Meski mengalami kertelambatan, bukan berarti anak ini mengalami masalah atau apa. Jadi, tetap tenang dan jangan lagi membanding-bandingkan ya.

Setiap orangtua tentu tahu apa yang terbaik untuk anak-anaknya. Setiap orangtua juga memiliki metode merawat anak dengan cara terbaiknya. Sebagai sesama orangtua, bagaimana cara ia merawat dan mendidik buah hatinya, ia tetap mengalami kelelahan, semangat, kebahagiaan dan kecemasan yang sama dengan apa yang kita rasakan.

Ada satu hal dari pola asuh orangtua lain yang kita anggap kurang benar namun ternyata ia punya segudang pola asuh yang terbaik lainnya tanpa kita ketahui. Atau, ada salah satu pola asuh orangtua lain yang kita anggap sangat mengesankan dan mengagumkan namun ternyata itu tidak tepat diterapkan pada anak kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: