Situs Purbakala Dikembangkan Jadi Wisata Sejarah di Jabar

Dinas Pariwisata (Disparbud) Jawa Barat rencananya akan mengembangkan sejumlah situs purbakala menjadi destinasi wisata sejarah. Bakal seperti apa?

Penyediaan fasilitas penunjang dilakukan guna memudahkan akses edukasi wisatawan di situs-situs purbakala. Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik menyebutkan sudah mengunjungi situs purbakala di berbagai daerah. Salah satunya, arca peninggalan sejarah di Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan yang disebut situs Saurip Kidul, Bujal Dayeuh dan Hulu Dayeuh.

“Kawasan ini memang sudah menjadi tempat wisata. Namun, saya pikir ini bisa lebih dikembangkan lagi dengan berbagai elemen penunjang. Seperti peningkatan kualitas infrastruktur contohnya papan informasi dan guide yang bisa membuat pengunjung tahu mengenai sejarah penemuan dan sejarahnya,” ucap Dedi.

Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, ia pun mengaku segera membahas mengenai pengembanagan ini melalui penelitian lanjutan dengan Balai Arkeologi Jabar maupun Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

“Tahun 2020 kami targetkan penggalian potensi wisata yang menawarkan situs dan cagar budaya terus diakselerasi,” ucapnya.
Dedi juga menjamin pengembangan destinasi wisata yang terdapat situs purbakala tetap harus menjaga kelestariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: