Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Hujan lebat disertai dengan puting beliung menerjang ratusan rumah di wilayah Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Satu pun orang mengalami luka-luka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Duddy Prabowo meyebutkan jika kejadian tersebut berlangsung pada Senin (19/11/2018) sore pukul 16.00 WIB di wilayah Desa Cimerang yang meliputi 15 RW dan 37 RT.

186 unit rumah terdampak angin puting beliung. 9 diantaranya rusak berat, 31 rusak, sedangkan 146 unit rusak ringan.

“Korban luka-luka satu orang atas nama Bapak Ujang, usia 35 tahun,” ujar Duddy, Selasa (20/11/2018).

Duddy mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparatur kewilayahan utnuk melakukan pendataan di lokasi kejadian.

“Mengungsikan 9 Kepala Keluarga ke tempat yang lebih aman untuk sementara menghuni rumah sanak saudaranya,” ungkapnya.

Menurut prakirawan BMKG Stasiun Bandung, Muhamad Iid Mujtahidin, beberapa hari terakhir ini ada gangguan cuaca skala pendek yakni adanya siklon tropis Gaja di teluk Benggala dan siklom tropis Bouchra di Samudera Hindia.

Berakibat adanya gangguan itu, Iid melanjutkan, dalam beberapa hari ke belakang ada penurunan curah hujan. Hal tersebut dikarenakan massa udara berpindah ke wilayah yang ada gangguan siklon tropis tersebut.

Meskipun begitu, potensi cuaca ekstrem masih tetap bisa terjadi bilamana didukung oleh kondisi kelembapan yang cukup lembap.

Tak hanya itu, adanya pemanasan lokal yang cukup kuat sehingga terbentuklah awan Cumulonimbus(Cb) yang dapat menjulang hingga di atas 10 kilometer di atas permukaam laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: