Puting Beliung di Rancaekek, Ratusan Rumah Rusak dan Warga Terluka

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung telah merilis data sementara wilayah yang terdampak angin puting beliung di wilayah Rancaekek.

Menurut keterangan BPBD, angin puting beliung tersebut paling berdampak di tiga titik, yakni di Kampung Papanggungan, Kampung Jati Sari dan Komplek Perum Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong.

Bencana tersebut membuat ratusan rumah mengalami kerusakan. Di Kampung Jati Sari Rt 01 Rw 14, sebnyak 15 unit rumah rusak berat. Sedangkan di Kampung Papanggungan RT 02 RW 06, sebanyak 50 unit rumah rusak ringan.

Sebanyak kurang lebih 300 unit menimpa wilayah Komplek Rancaekek Permai 2. Masing-masing di blok D, C dan E. Sedangkan, untuk korban akibat angin puting beliung yang terjadi sore kemarin yaitu sebanyak 15 orang mengalami luka ringan dan satu luka berat.

BPBD pun sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Jelegong dan Satpol PP Kecamatan Rancaekek untuk penyesuaian data kerusakan awal.

“Untuk kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan dan air bersih,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Johara, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/1/2019).

Juru bicara Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor menyebutkan, hasil penanganan sementara tim SAR yaitu membantu penyelamatan warga yang mengalami luka-luka. Korban luka selanjutnya dibawa ke Puskesmas setempat guna mendapatkan penanganan medis.

“Korban luka satu orang dibawa ke Puskesmas,” ucapnya.

Dia menjelaskan, kondisi terkini korban puting beliung dievakuasi ke tempat yang lebih aman. “Dibawa ke kantor desa dan ada yang mengungsi ke rumah keluarganya. Yang terluka sebagian besar pemulihan di tempat,” jelas Joshua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: