Persib vs Madura United, Waspada Faktor Nonteknis

Pengamat sepak bola Supriyono Prima menngungkapkan, usai diberi sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI, Persib Bandung tentu akan menyiapkan sejumlah strategi guna membangun kembali kondisi psikologis dan mental para pemain.

Posisi Persib yang masih berada di puncak klasemen sementara Liga 1 menjadi salah satu motivasi dalam menghadapi Madura United di Stadion Batakan Balikpapan, Selasa 9 Oktober 2018 petang.

“Persib sedang di puncak, peforma mereka di beberapa pertandingan sebelumnya juga sangat baik. Saya rasa Mario Gomez pasti sudah memiliki taktik agar timnya tampil maksimal untuk meraih poin penuh, termasuk soal mental para pemain,” ungkap Supriyono dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Senin 8 Oktober 2018.

Menurutnya, hal nonteknis perlu Maung Bandung antisipasi yakni cuaca di Balikpapan yang lebih panas dari Bandung. Supriyono menyebutkan, bahwa Kim Jeffrey Kurniawan dkk. harus lebih menjaga tempo permainan agar tidak mudah kelelahan.

“Semoga perbedaan cuaca tidak menjadi penghambat,” ucapnya.

Supriyono menyampaikan, jika laga melawan Madura United tak akan mudah. Tak hanya kehilangan tujuh pemainnya, Persib harus bermain di luar Jawa dan tanpa dukungan para bobotoh. Dalam kondisi seperti ini, Pelatih Mario Gomez memiliki peran penting.

“Harapannya, dengan taktik yang disiapkan Mario Gomez, para pemain dengan motivasi berlipat bisa menjaga tempo, ritme, dan konsistensi. Dengan begitu Persib bisa bangkit,” ujarnya.

Kali ini, menurut Supriyono, pertandingan harus dijadikan momentum bagi para pemain lapis kedua Persib guna membuktikan diri kepada publik. Pasalnya, kejadian tersebut terjadi secara tiba-tiba akibat kasus meninggalnya Haringga Sirla.

“Siapapun pemain yang ditampilkan harus memiliki motivasi untuk membuktikan diri kepada publik. Madura juga sebetulnya belum membuktikan diri sebagai tim yang solid karena mereka bisa menang lawan Arema tapi kalah melawan Borneo. Tim ini masih angin-anginan juga, meski laga kali ini malam secara psikologis menguntungkan tim Madura,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: