Perpindahan Pedagang ke Semi Basement Pasar Kosambi Tunggu Rampung Pembangunan

Aktivitas pengerjaan bagian semi basement gedung Pasar Kosambi masih berjalan. Pasalnya, kemungkinan perpindahan pedagang yang telah lama berjualan (eksisting) di Pasar Kosambi ke bagian semi-basement gedung urung terlaksana November 2019.

Saat ini, pedagang eksisting masih berjualan di tempat penampungan pasar sementara (TPPS). Sebelum peristiwa kebakaran pada Mei 2019, lahan yang kini menjadi lokasi TPPS merupakan tempat parkir.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, bahwa perpindahan pedagang bisa mulai berjalan setelah pengerjaan semi basement betul-betul tuntas, tak ada lagi sisa-sisa material bahkan debu.

“Semula, PD Pasar Bermartabat menginformasikan semi basement bisa siap pada akhir November. Akan tetapi, saya melihat selintas, masih ada beberapa langkah persiapan,” ucap Yana di Balai Kota Bandung.

Yana mengungkapkan, perpindahan perlu mempertimbangkan kenyamanan konsumen. Pengerjaan di semi basement yang telah betul-betul tuntas, dan telah bersih akan debu merupakan bagian faktor pendukung kenyamanan konsumen.

Yana juga menyampaikan teknis perpindahan pedagang dari TPPS ke bagian semi basement gedung, mesti berbarengan, dan secara sekaligus.

“Pemkot Bandung bisa berupaya dalam hal memastikan agar pedagang eksisting yang sempat mengalami musibah dapat kembali berjualan di bagian dalam gedung, tak bisa mencampuri urusan tarif sewa. Pemkot tak bisa mencampuri teknis kewenangan PD Pasar Bermartabat. Terlepas dari hal itu, barangkali PD Pasar lebih bisa fleksibel terkait teknis tarif sewa,” ujar Yana.

Pernyataan Yana mengenai perpindahan beriringan dengan aspirasi pedagang. Sejumlah pedagang eksisting Pasar Kosambi mengingkan perpindahan berlangsung setelah semi basement betul-betul siap.

Salah seorang pedagang parut di Pasar Kosambi, Agus (40) mengatakaan, pembangunan di semi basement masih basement masih berproses, belum memadai untuk aktivitas jual, dan beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: