Peringatan untuk Pendaki, Gunung Guntur, Papandayan, dan Cikuray yang Rawan Kebakaran

Musim kemarau, sejumlah gunung yang ada di Kabupaten Garut rawan dilanda kebakaran lahan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut selalu mengingatkan para pendaki untuk tak melakukan hal yang bisa memicu kebakaran lahan di gunung.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan menyatakan, tak hanya kondisi lahan yang kering akibat musim kemarau, terdapat beberapa faktor lainnya yang bisa memicu kebakaran lahan di gunung. Seperti di wilayah Garut cukup banyak gunung yang biasa dijadikan tempat pendakian seperti Gunung Guntur, Papandayan, dan Cikuray.

“Tingkat kerawanan terjadinya kebakaran lahan pada gunung yang biasa menjadi tempat pendakian tentunya lebih besar karena banyaknya aktivitas warga. Terkadang ada perilaku pendaki yang baik secara sadar atau tidak sadar menimbulkan potensi kebakaran lahan,” ungkap Agus, Kamis 1 Agustus 2019.

Menurutnya, dari ketiga gunung yang selalu banyak dikunjungi para pendaki di Garut itu, Gunung Guntur yang paling sering terjadi peristiwa kebakaran lahan. Bahkan hampir dapat dipastikan, kebakaran lahan di Gunung Guntur selalu terjadi setiap musim kemarau bahkan bisa sampai berulangkali.

Berkaca dari kejadian kebakaran di sejumlah gunung di Kabupaten Garut lanjutnya, ada beberapa titik lokasi kebakaran terjadi di tempat yang tidak jauh dari lokasi berkemah para pendaki. Oleh sebab itu pihaknya meminta agar para pendaki lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya saat sedang melakukan kegiatan pendakian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: