Pepsi, Minuman Soda yang Bakal Pamit dari Indonesia

Minuman soda asal Amerika Serikat, Pepsi rencananya akan pamit dari Indonesia per 10 Oktober 2019. Minuman soda paling tua di dunia ini, memiliki cerita yang cukup menarik di balik penamaan Pepsi.

Dilansir dari laman Rewind and Capture. Pepsi-Cola dicanangkan sang penemu, Caleb Davis Bradham pada 1899, menggantikan nama sebelumnya Brad’s Drink. Alasan di balik perubahan ini, lantaran Caleb ingin konsumen tahu bahwa minuman ini tak semata penghilang dahaga.

Dalam persepsinya, Pepsi-Cola adalah minuman soda yang sehat membantu proses pencernaan makanan. Nama Pepsi berasal dari kata dyspepsia yang berarti penyakit perut karena sulitnya proses pencernaan makanan.

Hal tersebut tak lepas dari latar belakang sang penemu racikan Pepsi. Pada 1890, Caleb menempuh pendidikan untuk jadi dokter di University of Maryland’s School of Medicine dan bekerja paruh waktu di toko obat lokal.

Krisis keluarga memaksanya pulang ke North Carolina dan membuatnya melepas mimpi bekeja di bidang medis. Setelah sempat mencoba bekerja sebagai guru, Caleb memutuskan membuka drug store di pusat kota New Bern, North Carolina

Kebanyakan drug store saat itu, The Bradham Drug Company juga punya soda fountain yang kemudian menciptakan Pepsi-Cola. Tak seperti soda terkenal saat itu, Caleb mau mencoba menciptakan minuman soda bebas ‘stimulan’.

Pada 1893, gagasan ini membuatnya berhasil menciptakan Brad’s Drink yang kemudian berganti nama menjadi Pepsi. Campurannya adalah air, gula, vanilla, eksrak kacang kola, dan minyak. Meskipun begitu, minuman yang satu ini tak mengandung kafein.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: