Penyebab Mual Saat Hamil

Memiliki rasa mual, ingin muntah, hingga kehilangan nafsu makan pada ibu hamil tentu tak muncul begitu saja. Ada beberapa pemicu yang membuat ibu hamil jadi malas makan dan tubuhnya menjadi lebih lemas dari sebelumnya.

Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Ada yang mengalami semua kondisi di bawah ini dan ada juga yang mengalami lainnya. Simak penyebab selengkapnya di bawah ini

  1. Morning sickness. Kondisi tersebut normal terjadi pada siapa saja. Bahkan sekitar 75 persen wanita hamil akan mengalami mual dan kehilangan nafsu makan di trimester pertama. Setiap pagi akan terasa mual hingga nafsu makan anjlok. Kondisi ini biasanya akan membaik sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menahannya hingga rasa mual hilang.
  2. Kenaikan beberapa jenis hormon selama kehamilan. Kenaikan ini menyebabkan seorang wanita akan mengalami mual yang berlebihan. Bahkan, apa saja yang dimakan akan terasa aneh dan akhirnya dikeluarkan lagi.
  3. Adanya pembesaran rahim yang menekan area perut dan sekitarnya. Pada kondisi ini wanita lebih malas makan karena merasa perutnya selalu penuh dan kembung. Padahal perasaan ini muncul dari janin yang membesar dengan sendirinya.
  4. Tak bisa memasak sendiri sehingga variasi makanan yang disantap sedikit. Padahal tidak semua makanan cocok untuk wanita hamil karena bisa saja aroma dan rasanya memicu rasa mual.

Untuk meredakan rasa mual ibu hamil bisa mengonsumsi minuman jahe secukupnya, untuk meredakan rasa mual saat hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: