Penghargaan Kota/Kabupaten Peduli HAM untuk 272 Daerah di Indonesia

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) telah memberikan penghargaan terhadap 272 kabupaten/kota di Indonesia. Ratusan wilayah tersebut dinilai sebagai kota peduli hak asasi manusia (HAM).

Pemberian penghargaan dilakukan langsung Menkum HAM Yasonna Laoly saat peringatan Hari HAM Dunia yang diselenggarakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

“Dasar pertimbangan pemberian penghargaan ini sebagai salah satu yang mengemban tugas HAM sesuai amanah konstitusi yang menempatkan perlindungan dan pemenuhan HAM adalah tanggung jawab negara,” ungkap Yasonna.

Penghargaan pun diberikan kepada 272 kota/kabupaten di 22 provinsi di Indonesia. Kategori penerima kota/kabupaten peduli HAM ini dinilai dari keberpihakan pemerintah kepada masyarakat dalam hal pelayanan.

“Capaian hak dasar ini melalui inovasi dan upaya menjadi tolok ukur kelayakan tempat atau kota untuk mendapatkan penghargaan,” ucapnya.

Yossana menyampaikan, penghargaan inu diharapkan menjadi motivasi untuk daerah lainnya agar lebih mempedulikan pelayanan kepada masyarakat.

Berikut ke-22 pemerintah provinsi pembina kabupaten/kota penerima penghargaan HAM itu diantaranya:

  1. Bangka Belitung
  2. DKI Jakarta
  3. Kepri
  4. DIY Yogyakarta
  5. Sumatera Barat
  6. Sumatera Utara
  7. Riau
  8. Jambi
  9. Jawa Barat
  10. Sumatera Selatan
  11. Bengkulu
  12. Jawa Tengah
  13. Jawa Timur
  14. Banten
  15. Bali
  16. Kalimantan Tengah
  17. Kalimantan Selatan
  18. Kalimantan Timur
  19. Sulawesi Tenggara
  20. Sulawesi Barat
  21. Sulawesi Utara
  22. Sulawesi Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: