Penggalangan Dana Untuk Korban Palu Harus Mengantongi Izin

Warga Kota Bandung di himbau untuk memberikan sumbangan korban bencana melalui lembaga atau yayasan resmi. Khususnya warga yang ingin menggalang dana sumbangan melalui gerakan inisiatif diharapkan melapor kepada aparat kewilayahan atau Dinas Sosal dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung.

Di Bandung, Minggu 30 September 2018, Wali Kota Bandung Oded M Danial sangat apresiasi dengan banyaknya simpati warga Bandung terutama untuk membantu korban bencana warga Palu dan Donggala.

Namun, sebaiknya pengumpulan dana dikoordinasikan terlebih dahulu dengan aparat pemerintahan agar pelaporan dana dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya sangat mendukung gerakan simpati warga ini. Tetapi ini semua harus betul-betul dijaga, dikawal, karena khawatir semua orang dengan dalih peduli kepada bencana di Palu atau dimanapun, tetapi kalau tidak terkendali ini bisa dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab,” ungkap Oded.

Menurut Pemerintah Kota Bandung, bantuan bagi korban bencana di Palu dan Donggala telah disiapkan. Aparatur Sipil Negara rencananya akan diajak berdonasi untuk membantu meringankan beban para korban bencana.

“Saya sudah koordinasi dengan SKPD terkait, dengan kesra, Dinsos, agar kita merespons positif, memiliki kepekaan terhadap saudara-saudara kita yang sekarang terkena musibah di Palu. Insyaallah besok Senin akan saya umumkan di upacara, kita juga akan berpartisipasi dalam bentuk kepedulian untuk mengumpulkan dana bantuan untuk korban bencana,” ungkapnya.

Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung himbau warga untuk tidak sembarangan memberikan sumbangan. Penggalangan dana bantuan bagi korban bencana harus mengantongi izin dari Dinas Sosial Kota Bandung.

Kepala Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan Kota Bandung Tono Rusdiantono menyampaikan, bahwa sumbangan sebaiknya diberikan melalui lembaga yang telah memiliki izin. Penggalangan dana dengan izin Dinas Sosial Kota Bandung dinilai mampu menjamin akuntabilitas dan pertanggungjawaban pengelolaan dana bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: