Pemprov Jawa Barat Kenalkan Budaya Sunda untuk Milenial

Pemprov Jawa Bara tengah berupaya mengenalkan budaya kepada kaum milenial. Seperti yang dikemas dalam bentuk pertunjukan kesenian. Tak hanya menjadi daya tarik wisata, seni pertunjukan diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan generasi muda dan juga melestarikan budaya lokal.

Pemerintah cukup serius dalam mewujudkan hal tersebut terlihat melalui pergelaran opera legenda kolosal Ciung Wanara yang berlangsung di teater tertutup Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), Kota Bandung, Rabu, 31 Juli 2019. Pagelaran ini diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat.

Opera ini disutradarai oleh seniman besar Sunda, Bambang Arayana Sambas yang melibatkan 82 penari muda dan anak-anak tingkat SD hingga mahasiswa. Hal tersebut sejalan dengan keinginan pemerintah pelestarian budaya lokal di kalangan generasi muda (milenial).

“Satu sisi (seni) pertunjukan jadi agenda pariwisata, tapi di sisi lain menjadi sarana dukasi untuk kaum milenial. Karena kita melibatkan mereka secara langsung baik sebagai pementas tapi juga penonton,” ucap Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik dalam rilisnya, Jumat, 2 Agustus 2019.

Menurutnya, pelestarian budaya sangat berkaitan erat dengan kemajuan pariwisata di Jawa Barat. Pasalnya, tak hanya dikenal dengan alamnya yang asri, tetapi juga wisata kebudayaan unik. Sebut saja tari jaipong hingga wayang golek yang sudah mendunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: