Pemprov Jabar Targetkan Produksi 10 Juta Masker

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat (Jabar) telah menargetkan untuk membuat 10 juta masker melibatkan 1.000 UKM terdampak COVID-19.

Jutaan masker tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat, pedagang pasar, pesantren maupun instansi lainnya.

“Kita juga mulai melakukan penyerapan produk UMKM, minimal tukang jahit tertolong produksinya. Karena kebanyakan terhambat karena pandemi ini,” ungkap Kepala Dinas KUK Kusmana Hartadji di Gedung Sate, Kota Bandung.

Berasal dari dana APBD lewat pembelanjaan tidak langsung. Hartadji menyebutkan, pada produksi tahap kedua pihaknya akan melakukan seleksi kepada pelaku usaha.

Karena spesifikasi masker akan beralih ke masker scuba dari masker kain. “Ya ini kita akan buat spesifikasi khusus, kita alokasikan untuk 200-400 UMKM,” terangnya.

Menurut data Dinas KUK Jabar, setidaknya 37 ribu UMKM terimbas pandemi COVID-19. Krisis ekonomi yang muncul karena virus Corona berbeda dengan saat krisis 1998.

“Kalau di 1998 UMKM tangguh menghadapi krisis, sekarang terdampak sekali. Kita lakukan survei yang berhenti beroperasi hanya 35-40 persen, 50 persen UMKM merumahkan karyawannya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: