Pemprov Jabar Butuhkan 3.704 PNS, Lowongan CPNS Lebih Sedikit

Kebutuhan PNS di Pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga Juli 2019 berjumlah 3.704 orang. Sementara, Pemerintah Pusat memberikan jatah formasi CPNS untuk Jawa Barat 1.934 orang.

Penjabat Sekretaris Daerah Jabar Daud Achmad menyebutkan, dengan kebutuhan CPNS tersebut dan jumlah formasi CPNS 2019 yang hanya 1.934 orang, Pemprov Jabar masih kekurangan tenaga PNS. Namun Pemprov akan memaksimalkan tenaga PNS yang ada.

“Jumlah kekurangan PNS di Jabar ini kemungkinan besar akan lebih banyak dari sisa kebutuhan PNS dikurangi formasi CPNS 2019 jika terpenuhi. Kami belum mendata jumlah PNS yang pensiun sejak Agustus hingga akhir tahun 2018,” ungkap Daud.

Menurutnya, karena kekurangan PNS, Pemprov Jabar akan mendata PNS pensiun yang tak perlu diganti dengan jumlah SDM yang sama. Di antara formasi yang ditinggalkan, bisa saja berkurang kebutuhannya karena tergantikan teknologi.

“Dengan kemajuan teknologi, kebutuhan orang bisa diganti. Misalnya yang pensiun ada sepuluh, setelah kami data, ternyata penggantinya bisa saja kurang, tapi hal itu masih didata,” tambahnya.

Pemprov Jabar membuka 1.934 formasi CPNS untuk 2019. Formasi yang tersedia terdiri atas tenaga pendidik 839 orang, tenaga kesehatan 93 orang, tenaga teknis pelaksana dan fungsional 1.002 orang.

Daud melanjutkan, jumlah kebutuhan pegawai di Pemprov Jabar jadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Jumlah pegawai di Jabar yang pensiun mencapai hingga 1.800 orang per tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: