Pemprov Jabar Akan Bangun Objek Wisata Air

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tengah melakukan pembangunan objek wisata air. Terdapat objek yang akan ditata yakni Kalimalang (Kota Bekasi), Situ Ciburuy (Kabupaten Bandung Barat), Situ Rawa Kalong (Kota Depok), dan Waduk Darma (Kabupaten Kuningan).

Kepala Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Jabar, Linda Amin menyebutkan, ada dua segmen penataan di Kalimalang yang dilakukan di sisi utara dan selatan. Pada tahun ini, penataan dilakukan terlebih dahulu di sisi utara, sedangkan penataan sisi selatan direncanakan pada tahun 2020.

Untuk sisi selatan, tambahnya, pembangunan akan lebih banyak seperti pembuatan tempat permainan anak dengan kolam dangkal bermain dan ruang ngariung dengan konsep padang rumput seperti di Alun-Alun Bandung.

Tahun 2020 nanti pihaknya bakal membuat bangunan terapung di Situ Ciburuy dengan alokasi dana sebesar Rp 24 miliar. Situ Ciburuy saat ini sudah ada tempat bermain perahu dan warung makanan, namun kondisinya tidak tertata karena tumpukan sampah.

Sementara kondisi existing di Situ Rawa Kalong, airnya tercemar limbah pabrik sehingga airnya menjadi keruh. Tahun ini, penataan di Situ Rawa Kalong dengan membangun ruang terbuka dan area parkir

“Tahun depan kita juga akan menghadirkan bangunan terapung di Situ Rawa Kalong. Penataan tahun ini anggarannya Rp 5 miliar. Untuk Waduk Darma sebenarnya banyak fungsi dibanding situ lainnya. Tahun ini kita membangun di luar badan air yang mengubah wajah waduk darma yg biasa-biasa saja,” terangnya.

Rencananya penataan lainnya akan dilakukan di Pantai Timur Pangandaran. Wacananya, Pangandaran bakal dijadikan sebagai pantai berskala internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: