Pemkot Bandung Bangun Wetland Park Cisurupan untuk Atasi Banjir Gedebage

Pemerintah Kota Bandung tengah membangun wetland atau taman rawa di sekitar aliran sungai (DAS) Ciloa, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Taman tersebut dibangun guna mengatasi banjir di wilayah Bandung timur, terutama Gedebage.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi menyebutkan taman rawa dibangun untuk mengatasi permasalahan banjir Gedebage. Karena taman tersebut akan berfungsi sebagai tempat parkir air yang mengalir di Sungai Ciloa yang merupakan Sub DAS Cinambo.

“Kalau musim kemarau airnya (di Sungai Ciloa itu) relatif sedikit tapi kalau musim hujan itu cukup besar. Jadi mau kita masukan dalam wetland atau dalam bahasa Indonesia itu rawa,” ucap Didi di Balai Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

Menurut rencana, dia mengungkapkan, akan ada 12 kolam yang dibangun di atas lahan seluas 10 hektar itu. Nantinya di sekelilingnya akan ditanami berbagai tumbuhan agar terlihat lebih natural.

“Basic function yang selesai akhir Agustus menjadi dasar Wetland Park Cisurupan bisa dipakai menampung parkir air hujan Sungai Ciloa sebagai Sub DAS Cinambo, ujungnya (banjir di) Gedebage (bisa berkurang),” kata dia.

Ia menambahkan, saat ini proses pembangunan sudah mulai berjalan. Tetapi tidak ada anggaran khusus untuk pembangunan taman tersebut. Pihaknya telah bekerja sama dengan DPKP3 dalam pembangunan taman tersebut.

“Untuk tahun ini tidak ada anggaran khusus. Kita manfaatkan material yang ada. Kita lakukan swakelola,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: