Pemkab Sumedang Akan Terjunkan Tim Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Pemerintah Kabupaten Sumedang rencananya akan menerjunkan tim guna memeriksa kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi adanya penyakit pada hewan kurban yang dijual warga.

Menurut rencana, pemeriksaan dilakukan dari tingkat peternak hingga pasar hewan yang berada di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang dan sejumlah titik lainnya. Berbagai pemeriksaan akan dilakukan mulai dari kesehatan hingga usia hewan kurban yang layak untuk disembelih.

“Karena syarat hewan kurban itu harus sehat dan cukup umur. Untuk sapi harus di atas 2 tahun, sedangkan untuk kambing umurnya harus 1 tahun,” ucap Kepala Bidang Kesehatan Ikan dan Hewan, Disnakan Sumedang Diah Siswati saat ditemui di Pasar Hewan Tanjungsari, pada Selasa (7/7/2020).

Ia menyampaikan, pemeriksaan hewan kurban tersebut akan dilakukan pada H-7 jelang pelaksanaan Idul Adha. Sehingga hewan yang akan disemebelih dapat dipastikan sehat dan layak.

Diah mengatakan, pemeriksaan hewan kurban tersebut dimulai dari pemeriksaan fisik dan kondisi kesehatannya. Apabila ada hewan dari luar daerah, pihaknya akan melakukan pemeriksaan administrasi, termasuk harus ada surat keterangan sehat dari daerah asalnya.

“Apabila sudah dilakukan pemeriksaan, hewan kurban itu akan kami berikan tanda berupa kalung sehat,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan dengan melibatkan petugas di wilayah kerjanya masing-masing.

Diah juga menargetkan pemeriksaan dilakukan terhadap semua hewan kurban yang akan dijual seperti Pasar Hewan Tanjungsari maupun di pedagang hewan kurban lainnya.

“Kita upayakan semuanya ya, terutama yang dijual di Pasar Hewan maupun di tempat penjualan lain,” terang Diah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: