Pemkab Bandung Barat Siapkan Rp 4 Miliar untuk Tata Hutan Kota

Kawasan hutan kota di Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung Barat diproyeksikan menjadi taman kota dengan anggaran yakni sekitar Rp 4 miliar. Kini pengerjaan taman kota sudah memasuki tahap detail engineering design (DED).

“Sesuai dengan arahan Pak Bupati, hutan kota akan menjadi taman kota. Targetnya, tahun ini bisa selesai dikerjakan. Sekarang, masih tahap DED,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Bandung Barat, Rachmat Adang Syafaat, pada Minggu 17 Februari 2019.

Ia menyebutkan, taman kota tak hanya akan menjadi ruang terbuka hijau, namun akan dilengkapi dengan berbagai jenis flora dan fauna. Taman kota nantinya menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk bersantai dan berekreasi.

Hutan kota seluas 4 hektare yang dibangun sejak 2015 tersebut sebelumnya memang sempat terbengkalai. Selama tak digunakan, kawasan yang menelan dana pembangunan Rp 4 miliar ini ditumbuhi rumput dan tanaman liar, namun kini sudah sedikit terawat.

Guna menata taman kota, menurut Adang, akan digunakan anggaran yang bersumber dari APBN sebesar Rp 4 miliar. Dana ini nantinya akan berasal dari bantuan alokasi dana bagi hasil melalui kementrian PUPR pemerintah pusat.

“Dari APBN itu kurang lebih Rp 4 miliar, itu untuk membenahi kembali taman kota sebagai fungsi tempat berkumpul masyarakat yang nyaman,” ungkapnya.

Sebelumnya hutan kota dibangun dengan tiga tahun anggaran jamak dari 2015-2017. Selesai dibangun, taman kota tqk digunakan lantaran ada beberapa pengerjaan yang belum selesai. Untuk menjadi tempat berkumpul masyarakat, kawasan tersebut tertutup dan banyak ditumbuhi tanaman liar.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menjelaskan, hutan kota tersebut akan dijadikan sebuah wana wisata dan arena berkumpulnya masyarakat dengan pemandangan dan suasana alam yang asri. Tak hanya itu, berdirinya Plasa Bandung Barat tepat disebelah hutan kota ini akan menjadikan kawasan tersebut semakin ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun dari luar.

“Saya berharap Oktober 2019 nanti pembangunan Plasa Bandung Barat dan perbaikan hutan kota bisa selesai dan sudah mulai dinikmati oleh masyarakat. Selain itu juga akan dijadikan tempat untuk lebih memberdayakan perekonomian rakyat,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: