PD Kebersihan Bandung Serahkan Tugas Pelayanan ke DLHK

Pemerintah Kota Bandung rencananya akan mengalihkan tugas pelayanan menyapu dan pengangkutan sampah dari PD Kebersihan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Penyerahan kewenangan tersebut akan dimulai pada 2020 mendatang.

Direktur Utama Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana menyebutkan jika tugas itu seiring dengan lahirnya Perda 9 tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Berdasarkan Perda tugas pelayanan pengelolaan sampah menjadi kewenangan DLHK Kota Bandung.

“Amanat dari Perda itu setelah dua tahun disahkan sekitar 2020 dipindahkan ke DLHK dan 2021 pengangkutan sampah juga dilakukan DLHK,” ucap Deni, dilansir laman detik.com, pada Sabtu (27/4/2019).

Sedangkan, PD Kebersihan akan tetap fokus untuk pengembangan bisnis. Kini pihaknya tengah mengkaji potensi bisnis yang dapat dilakukan ke depannya.

“PD Kebersihan tetap ada, tapi diarahkan pada fokus komersial. Artinya pengelolaan sampah berbasis bisnis, seperti pelayanan khusus di mal, hotel, termasuk produk perbengkelan dan mengelola limbah B3,” ujar dia.

Sejumlah instansi terkait tengah mengkaji mekanisme peralihan kewenangan tersebut. Pasalnya peralihan kewenangan tersebut memberi dampak negatif kepada 1.650 karyawan di PD Kebersihan.

“Rencana 2020 penyapuan dan pengangkutan sampah oleh DLHK ini harus matang. Karena ada 1.650 karyawan saya itu pengaruh ke sana. Sehingga memang harus ada strategi yang tepat ketika proses transisi ini,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: