Pangdam Ajak Semua Pihak Atasi Masalah Bencana

PANGDAM III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyebutkan, guna mengatasi permasalahan yang diakibatkan oleh bencana, diperlukan dukungan dan partisipasi semua pihak terkait. Sehingga tak hanya tanggung jawab Pemda melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah semata.

“Melalui Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana ini, saya berharap akan semakin meningkatkan kokohnya ikatan dan semangat silaturahmi, sinergitas dan soliditas antara TNI, Polri, Pemda, dan Organisasi Relawan Kebencanaan serta unsur-unsur terkait lainnya,” ujarnya, pada Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Wilayah Jabar di Mako Hubdam III/Siliwangi, Jln. Moch. Toha, Kota Bandung.

Dalam mengantisipasi kondisi wilayah Jabar, mengingat intensitas curah hujan yang relatif tinggi dalam beberapa hari terakhir ini. Kodam III/Siliwangi menyelenggarakan Apel Siaga, mengingat kontur wilayah Jabar yang relatif rawan terhadap bencana.

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana yang diikuti sekitar 3. 453 orang yang berasal dari TNI, Polri, instansi/dinas dan organisasi serta relawan bencana.

Pangdam menjelaskan, bahwa Jawa Barat adalah wilayah yang memiliki tingkat bahaya, kerentanan, kapasitas dan risiko yang tinggi akibat bencana. Bahkan selama tahun 2018 lalu, Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) mencapai skor 166, sehingga masuk ke dalam kelas yang memiliki risiko bencana sangat tinggi.

Menurutnya, disamping merupakan amanah dari UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya Bab IV pasal 7 tentang tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), juga sebagai bentuk kepedulian Kodam III/Siliwangi dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang terkena musibah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: