Nenek Aisah Selamatkan Tetangganya yang Nyaris Terjebak Api

Nenek Aisah (70) warga Kampung Kadupugur, Desa Undrusbinangun, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat menyelamatkan nyawa salah satu warga sekitar yang nyaris terjebak api saat rumahnya sedang terbakar, pada Selasa (29/5/2018).

Pada awalnya nenek Aisah pulang berkebun, Ia melihat rumah milik Didah (60) terbakar hebat. Nenek Aisah pun mendengar teriakan Juarsih Ajahin (34.

“Saya spontan saja masuk ke dalam dan melihat Didah berada di dapur rumahnya, saya buru-buru tarik keluar rumah,” ujar nenek Aisyah.

Ia sempat khawatir saat berada di dalam rumah, hawa panas api menerpa seluruh tubuhnya namun hal itu dia hiraukan. “Yang saya takutkan atap ambruk ke bawah, saat saya bawa keluar sekitar beberapa menit kemudian atap rumah ambruk ke bawah,” tuturnya.

Didah hidup sendirian sementara dua anaknya sudah berkeluarga dan tinggal pisah rumah. “Teu damang emutan (gangguan jiwa), tinggal sendiri. Tadi juga saya sempat dibuat kaget karena Didah sempat memaksa mau balik lagi ke dalam katanya mau ambil baju, saya pegang aja badannya,” ungkapnya.

Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tetapi, api yang sudah kadung membesar dan melalap seluruh bagian rumah berdinding bilik bambu berukuran kurang lebih 6 x 5 meter persegi tersebut.

“Mayoritas warga sedang berkebun, saya juga tahu rumah bu Didah terbakar dari orang yang lewat. Saat itu saya lagi pegang bayi, makanya cuma bisa teriak-teriak minta tolong dan ngasih tau kalau bu Didah ada di dalam,” ucap Juarsih tetangga korban.

“Saat itu hanya ada Mak Aisah dan beliau langsung masuk ke dalam dan menyelamatkan bu Didah,” jelasnya.

Didah pun sudah dibawa oleh menantunya, kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai angka Rp 30 juta api sendiri diduga bersumber dari tungku yang berada di bagian dapur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: