Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Okra merupakan jenis sayuran yang berbentuk polong dapat kita jumpai di supermarket atau pasar tradisional. Bentuknya mirip dengan cabai hijau, hanya warnanya lebih muda dan memiliki bulu halus di permukaannya.

Di negara-negara barat, okra ini disebut dengan nama ladies’ fingers. Sedangkan di Afrika lebih dikenal dengan nama okro. Di Indonesia terkadang sayuran hijau ini disebut juga dengan bendi.

Bagian dalam okra bertekstur mirip dengan terong saat digigit. Sementara kulit luarnya renyah seperti oyong. Jika dimasak, sayuran ini dapat mengeluarkan sejenis lendir dalam jumlah banyak. Karena itulah tak sedikit yang enggan mengolahnya menjadi makanan.

Sayuran yang satu ini dapat memproduksi mucilaginous yang mirip dengan lendir lidah buaya. Namun lendir ini sebenarnya merupakan sumber serat larut yang baik untuk tubuh dan saluran pencernaan.

Selain serat, okra memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K. Jika dikonsumsi, sayuran ini dapat membantu membersihkan liver, menstabilkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, dan meluruhkan batu ginjal. Dengan mengonsumsi okra secara teratur ternyata dapat membantu mengatasi kejang sendi, radang paru-paru, dan meringankan wasir (ambeien).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: