Manfaat Menghirup Aroma Lavender

Stres memang hal yang sering terjadi namun kerap diremehkan. Meskipun begitu, Anda harus mencoba untuk menghirup aroma lavender guna menurunkan tingkat stres.

Mengutip Indiatimes pada Jumat (26/10/2018), para ilmuwan telah menemukan bahwa wangi bunga lavender ternyata membuat rileks dan juga dapat membantu orang untuk lebih santai. Tak hanya itu, hal itersebut bisa menjadi obat alternatif yang aman untuk mengatasi kecemasan.

Uap lavender memiliki aroma wangi tetapi tak terserap di paru-paru agar seseorang dapat merasakan efek penenangnya. Mereka yang mengalami stres sebelum operasi atau gangguan kecemasan bisa menggunakannya.

“Dalam pengobatan tradisional, telah lama dieprcaya bahwa senyawa-senyawa berbau yang berasal dari ekstrak tumbuhan dapat meredakan kecemasan,” ucap rekan penulis Hideki Kashiwadani dari Kagoshima University di Jepang.

Wangi bunga juga bisa bertindak sebagai alternatif untuk obat-obatan penghilang kecemasan. Salah satu yang sering digunakan untuk ialah benzodiazepin yang membuat seseorang rentan terkena masalah ingatan, tumbuhnya payudara pada pria, dan cacat lahir.

Kashiwadani menyebutkan, jika senyawa dalam lavender tak bertindak seperti benzodiazepin, tetapi harus diaktifkan melalui neuron penciuman di hidung dan menghasilkan efek relaksasi.

Salah satu studi juga membuka kemungkinan, bahwa relaksasi yang terlihat pada tikus yang diberi makan atau disuntik dengan linalool (senyawa dalam lavender) bisa disebabkan oleh aroma senyawa yang dipancarkan dalam napas yang mereka hembuskan.

Penelitian mengungkapkan bahwa lavender dapat digunakan bagi mereka yang akan melaksanakan operasi dan sedang berjuang dalam pengobatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: