Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Buah srikaya biasanya dijadikan selai roti bahkan menjadi buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. buah ini memiliki rasa yang manis dan secara khusus memiliki kegunaan untuk para ibu hamil. Nah, apa saja manfaat buah srikaya untuk ibu hamil? Yuk simak informasinya berikut ini.

  1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin
    Buah srikaya mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin ini dapat menghasilkan manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi srikaya secara rutin, tumbuh kembang saraf, otak, dan sistem imun daripada janin dapat berjalan dengan baik. Selain itu, vitamin A pada buah srikaya diklaim baik untuk kesehatan rambut, mata, dan kulit. Sementara vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang akan mencegah serangan radikal bebas.
  2. Meminimalisir Risiko Kelahiran Prematur
    Buah srikaya memiliki manfaat untuk ibu hamil yaitu meminimalisir risiko bayi terlahir secara prematur. Hal ini dikarenakan pada buah srikaya, terkandung mineral zinc yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, yakni mencapai 100 miligram per hari. Zinc tersebut kemudian berperan penting dalam menjaga kadar hemoglobin di dalam tubuh. Volume hemoglobin yang ideal dapat menghindari ibu hamil dari mengalami yang namanya proses kelahiran prematur.
  3. Meminimalisir Nyeri Saat Melahirkan
    Mengonsumsi buah srikaya selama masa kehamilan diipercaya mampu meminimalisir rasa nyeri yang dirasakan saat menjalani proses persalinan. Meskipun manfaat buah srikaya untuk ibu hamil belum memiliki bukti medis yang kuat, namun tidak ada salahnya untuk mencoba buah ini. Tak hanya itu, buah srikaya diklaim efektif mengurangi risiko keguguran.
  4. Meredakan Gejala “Morning Sickness”
    Salah satu gejala kehamilan yang dirasakan oleh ibu hamil adalah “morning sickness”. Kondisi tersebut umumnya ditandai oleh rasa mual, pusing, hingga badan teras lemas. Jadi salah satu cara untuk meredakan morning sickness adalah dengan mengonsumsi buah srikaya. Hal tersebut tak lepas dari kandungan vitamin B6 pada buah srikaya. Menurut sejumlah penelitian, vitamin B6 efektif untuk meredakan mual, salah satu gejala umum dari morning sickness.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: