Lembang, Sentra Tanaman Kaktus

Kawasan Lembang di Kabupaten Bandung Barat tak hanya menjadi daerah sentra sayuran. Tanaman kaktus yang dikenal sebagai tumbuhan di daerah kering atau gurun ternyata jufa cukup banyak dibudidayakan oleh petani di Lembang lho, yang notabane nya bersuhu cukup dingin ya.

Menurut seorang petani kaktus, Asep Ridwan (45), budidaya kaktus di Lembang dan sekitarnya sudah sejak tahun 1980-an ada, setelah pemerintah melakukan pertukaran budidaya pertanian. Ia yakin, bahwa benih kaktus di berbagai daerah di Indonesia kebanyakan berasal dari Lembang.

“Kayak di Malang, sebulan itu bisa lebih dari 20.000 kaktus (dipasok dari Lembang). Jadi, buat Indonesia di bagian timur itu sentralnya di Malang. Nah, Malang itu mengambil dari sini. Cuma memang kaktus di Malang itu cepat laku. Tetap saja dipasoknya dari sini,” ungkap Abah, panggilan Asep Ridwan, di Jalan Maribaya, Lembang.

Menurutnya, Wilayah Lembang dan Parongpong terdapat lebih dari 1.500 jenis kaktus yang dibudidayakan. Dia menambahkan, jika sentra tanaman kaktus di antaranya terdapat di Desa Langensari, Pagerwangi, Cobodas, Wangunharja, dan Cikidang.

“Buat perawatannya, tanaman kaktus ini relatif mudah. Kalau suhu bagus, enggak terlalu panas, menyiram air itu seminggu sekali juga cukup. Kan kaktus itu seperti unta, jadi seperti tanaman yang punya cadangan air. Namun, pertumbuhannya relatif lama,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: