Langkah Pemkab Pulihkan Pariwisata Bandung di Tengah Pandemi Corona

Pemerintah Kabupaten Bandung telah menyiapkan langkah untuk kembali membuka destinasi yang ada di wilayahnya jelang penerapan new normal Jawa Barat. Tetapi, pembukaan objek wisata akan dilakukan secara bertahap.

Kepala Disparbud Kabupaten Bandung Yosep Nugraha melalui Kabid Promosi dan Ektaf Disparbud Kabupaten Bandung Vena Andriawan menyebutkan, jika saat ini kondisi pariwisata di Kabupaten Bandung sedang dalam tahap recovery atau pemulihan. Pasalnya akibat pandemi virus Coronna, objek wisata di Kabupaten Bandung tidak bisa beroperasi.

Ia mengatakan, dalam upaya menyambut new normal pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah. Salah satunya membuka tempat wisata yang ada secara bertahap.

“Kita enggak langsung open semua, tapi bertahap dulu,” ungkapnya.

Pihaknya juga membentuk tim untuk mengawasi dan mengevaluasi tempat wisata yang dijadikan pilot project selama masa pemulihan. Kemudian, menyiapkan regulasi dalam bentuk standar operasional prosedur.

Setelah SOP dibentuk, maka Disparbud akan memberikan ruang bagi industri wisata mengajukan diri untuk menjadi pilot project. Baik itu hotel, rumah makan dan tempat wisata. Bila dinyatakan telah siap, pihaknya akan memberikan rekomendasi.

Setelah pilot project berjalan, tim rencananya akan melaporkan evaluasi terkait temuannya di lapangan. Terutama terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata.

Vena menjelaskan, jika pihaknya belum berani mengijinkan semua tempat wisata dibuka langsung secara serentak. Ia pun khawatir apabila pihaknya membuka serentak, akan memunculkan kluster baru di tempat wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: