Kunjungan Wisatawan Asing ke Jawa Barat Meningkat

Kunjungan wisatawan asing ke Jawa Barat kini semakin meningkat. Kunjungan melalui dua pintu masuk, yaitu Bandara Husein Sastranegara dan Pelabuhan Muarajati Cirebon, sepanjang Januari-Mei 2019 mencapai hingga 67.139 orang. Jumlah ini meningkat 4,97% dibandingkan periode yang sama 2018 yang mencatatkan 63.960 kunjungan.

Maka dari itu, pemerintah dan para pelaku pariwisata di Jawa Barat didorong untuk terus berinovasi mengembangkan raga destinasi dan atraksi pariwisata. Terutama, saat mulai terjadi diversifikasi kebangsaan wisatawan asing yang mengunjungi Tatar Priangan.

“Terjadi diversifikasi yang ditandai dengan munculnya wisatawan dari kebangsaan lain, seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang,” ucap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar Dody Herlando saat konferensi pers di Bandung, Senin, 1 Juli 2019.

Ia menyebutkan, dari total kunjungan, wisatawan Malaysia masih mendominasi kunjungan dengan persentase mencapai 64,7 persen. Jumlah tersebut disusul Singapura, India, Thailand, serta Amerika Serikat yang berada di posisi lima besar sebagai penyumbang terbanyak wisatawan asing ke Jabar.

Perkembangan tersebut, menurut Dody, harus menjadi perhatian pemerintah dan pemangku kepentingan pariwisata Jabar. Perhatian ini untuk mengkaji lebih jauh minat para wisatawan dari kebangsaan lain.

“Apa yang mau dibeli oleh mereka? Dengan demikian, diharapkan, Jabar dapat mengoptimalkan potensi yang ada,” jelas Dody.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: