Kereta Api Pangandaran Sebagai Dukungan pada Program Pariwisata Pesona Indonesia

Bagi anda yang berencana untuk traveling ke Pantai Pangandaran dan sekitarnya, kini bisa menjangkau lokasi wisata di selatan Jawa Barat tersebut dengan menaiki kereta api. Kereta Api Pangandaran berangkat dari stasiun Gambir ke Banjar dan sebaliknya.

Tak hanya itu dari Stasiun Gambir, KA Pangandaran pun ada yang berangkat dari Bandung. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum telah meresmikan beroperasinya Kereta Api (KA) Pangandaran relasi Banjar-Bandung-Gambir (PP) di Stasiun Banjar, Rabu, 2 Januari 2019.

Dilansir dari Antara, Rabu (2/1/2019), Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menyebutkan, dioperasikannya Kereta Api (KA) Pangandaran tersebut adalah sebagai dukungan PT KAI (Kereta Api Indonesia) terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

KA Pangandaran juga meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya, dan perekonomian di Jawa Barat. 

Kereta Api Pangandaran relasi Gambir – Banjar (PP) mulai Rp 110 ribu untuk kelas ekonomi Premium, dan Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif.

Sedangkan, relasi Bandung- Banjar (PP) dikenakan biaya Rp 1 dengan syarat dan ketentuan pembelian tiket Rp 1 melalui Loket tak dikenakan biaya alias gratis, pembelian tiket Rp 1 melalui KAI Access dan website KAI tidak dikenakan bea pesan, pembelian Tiket Rp 1 melalui channel eksternal dikenakan bea pesan sesuai kebijakan masing-masing channel, namun tak dapat dilakukan di Ticket Vending Machine.

Apabila masa promo usai pada 2 Februari 2019, Edi menyampaikan tarif akan menyesuaikan tarif batas atas dan bawah yang telah ditentukan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan agar tidak menyalahi peraturan.

“Angkutan masal ini sifatnya membantu bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya. Jadi kita bantu, bukan bersaing,” jelas Edi tentang KA Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: