Kebakaran di Puncak Gunung Ciremai, Seluruh Jalur Pendakian Ditutup

Kebakaran terjadi di kawasan puncak Gunung Ciremai, tepatnya di Pos Gua Walet ketinggian sekitar 2.950 meter di atas permukaan laut (mdpl). Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) menerbitkan penutupan jalur pendakian.

Humas BTNGC Agus Yudantara menyebutkan pihaknya menutup seluruh jalur pendakian ke Gunung Ciremai. “Sejak kemarin sudah kita tutup jalur pendakian di empat pos yakni pos Apuy Majalengka, Palutungan Kuningan, Linggarjati Kuningan dan Linggasana Kuningan,” ucap Agus, dilansir dari laman detik.com. Kamis (8/8/2019).

Agus menyatakan batas waktu penutupan jalur pendakian tersebut masih belum bisa ditentukan. “Batas waktunya belum ditentukan. Bagi pendaki yang sudah booking online silakan konfirmasi kembali ke pengelola pendakian masing-masing,” ungkapnya.

Kebakaran sebelumnya sempat melanda kawasan puncak Gunung Ciremai, Jabar. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menyamapaikan kebakaran terjadi sejak Rabu (7/8/2019) kemarin.

“Iya, informasinya kebakaran pukul 16.00 WIB. Lokasinya di blok Gua Walet puncak Gunung Ciremai,” ujar Agus, Kamis (8/8/2019).

Dia belum bisa memperkirakan penyebab dan kerugian akibat kebakaran hutan itu. Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Majalengka, Badan Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), kepolisian, mitra pengelola pendakian dari sejumlah pos pendakian Gunung Ciremai (MPGC) dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: