Kebakaran di Gunung Hawu Merembet hingga ke Gunung Singa

Lahan hutan seluas 8 hektare yang masuk kawasan Gunung Hawu Desa Buninagara yang berbatasan dengan Gunung Singa Desa Sukamulya Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung ludes terbakar sejak Minggu 6 Oktober 2019 sekitar pukul 18.30 WIB. Hingga Minggu malam, api masih membakar bagian kawasan gunung tersebut, tak hanya membakar semak belukar dan pohon bambu.

Berdasarkan informasi di lapangan, peristiwa kebakaran di Gunung Hawu dan Gunung Singa itu, semula api berasal di Gunung Hawu kemudian merembet ke Gunung Singa karena lokasi kedua gunung itu berada pada perbatasan dua desa tersebut.

Pasalnya, kondisi medan yang terjal dan sulit ditembus para petugas dan aparat gabungan pemerintahan setempat, kobaran api yang membakar di gunung Hawu itu dengan mudah merembet ke Gunung Singa karena lokasinya berdekatan. Api pun dengan mudah merembet karena kencangnya tiupan angin.

Penyebab kebakaran dua kawasan hutan atau gunung itu belum diketahui pasti. Tetapi, sejumlah pihak masih menduga-duga penyebab kebakaran karena ada orang yang tidak bertanggung jawab dan sengaja membakar lahan.

Namun, ada juga pihak yang menyebutkan peristiwa kebakaran diduga ada orang yang membuang puntung rokok sembarangan di kawasan hutan atau gunung.

Camat pun memperkirakan, lahan yang terbakar akan terus bertambah karena api belum bisa dipadamkan dan masih membakar hutan tersebut. “Lokasi lahan yang terbakar sulit ditembus mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Bandung. Kita juga terus berusaha melakukan pemantauan dan mengantisipasi peristiwa kebakaran itu tidak sampai meluas. Lokasi yang bisa dijangkau, pemadaman api pun dengan peralatan seadanya,” ucap Cep Azis.

Sedangkan, Kepala BPBD Kabupaten Bandung H. Akhmad Djohara menyebutkan, tim dari BPBD Kabupaten Bandung dengan peralatan seadanya berusaha untuk siaga di lokasi kebakaran hutan atau Gunung Hawu dan Singa di Kecamatan Kutawaringin tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: