Kawasan Hutan Kota Bandung Barat Dibersihkan

Kawasan hutan kota di Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang sebelumnya dipenuhi rumput dan tanaman liar mulai dibersihkan, pada Senin, 17 Juni 2019. Pembersihan hutan kota dilakukan hingga sepekan ke depan.

Petugas kebersihan hutan kota, Mudhidij (46) menyebutkan, ada tujuh petugas yang diperintahkan untuk membersihkan hutan kota. Kegiatan tersebut mulai dari membersihkan tanaman liar pada jogging track hingga mengangkut sampah dari areal hutan kota.

“Pembersihan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak H-7 Lebaran dan terpotong libur Lebaran. Jadi, baru mulai lagi hari ini,” ungkapnya di kawasan hutan kota, Senin, 17 Juni 2019.

Dia menyampaikan, jika jalur untuk berlari kini bisa digunakan oleh masyarakat. Berbeda dengan sebelumnya, tanaman, rumput dan pohon liar menutupi jalur tersebut, sehingga tampak kumuh. Tak hanya itu, gerbang masuk hutan kota yang sebelumnya terkunci sudah dibuka kembali.

Menurutnya, masih ada kendala untuk memaksimalkan penataan hutan kota. Salah satunya, mengenai sulitnya mendapatkan air bersih untuk menyiram tanaman dan pohon.
Saaat ini sudah memasuki musim kemarau yang dikhawatirkan pohon dan tanaman cepat mati jika tidak disiram.

“Seharusnya, di setiap gedung ada keran air di luar tapi faktanya tidak ada. Jadi, kami sulit mengambil air untuk menyiram tanaman. Sekarang, pengambilan air hanya menggunakan tangki tapu kurang efektif,” ujar dia.

Terlihat ada beberapa pohon yang ditanam di hutan kota, lanjut dia, di antaranya pohon angsana atau sonokembang sejenis pohon penghasil kayu berkualitas tinggi, mahoni, caringin dan beberapa pohon lainnya. Pohon-pohon ini memiliki kualitas yang baik untuk mempercantik kawasan hutan kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: