Jurnalis Cimahi Gelar Aksi Solidaritas Penggalangan Dana

Jurnalis Kota Cimahi gelar aksi solidaritas kegiatan penggalangan dana untuk para korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu-Sigi-Donggala Sulawesi Tengah, pada Selasa 2 Oktober 2018. Penggalangan dana tersebut merupakan sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam yang memerlukan banyak bantuan.

Penggalangan dana tersebut diawali di lingkungan Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi lalu dilanjutkan pada malam hari di Alun-alun Kota Cimahi Jalan Jenderal Amir Mahmud. Para jurnalis terdiri dari media cetak harian, media televisi, radio, hingga media online dibantu BEM Unjani berkumpul membuka lapak donasi sepanjang malam.

Tak hanya itu, adanya aksi renungan bersama Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana dan Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana atas bencana alam yang muncul, pembacaan puisi, hingga doa bersama untuk para korban bencana alam. Juga lelang foto karya wartawan yang dananya sekaligus disumbangkan.

Ketua Pelaksana aksi solidaritas, Edwan Hadnasyah menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai rasa empati para jurnalis untuk membantu para korban. “Sehari-hari kita melakukan peliputan di Kota Cimahi, dan potensi bencana ada dimana-mana. Kami ingin menunjukkan rasa empati dengan berupaya membantu sekecil apapun,” ungkapnya.

Penggalangan dana dilakukan dalam waktu singkat namun terkumpul dana yang cukup besar. “Alhamdulillah sampai bisa mengumpulkan uang kurang lebih Rp 17.863.500. Mudah-mudahan bisa membantu para korban,” ujarnya.

Nur Aziz, Ketua kegiatan galang dana mengatakan, kegiatan tersebut juga untuk mengingatkan masyarakat waspada terkait dengan ancaman sesar Lembang di Kabupaten Bandung Baru yang bisa memicu gempa. “Karena saat ini sesar lembang mulai bergerak, jadi sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan penduduk di wilayah Bandung Raya, termasuk Cimahi. Kita harus punya kepedulian terhadap masyarakat lain yang ditimpa musibah,” paparnya.

Sumbangan yang berhasil terkumpul akan disalurkan ke Donggala dan Palu. “Kami akan titipkan donasi dari para ASN dan masyarakat melalui instansi resmi untuk disalurkan ke para korban gempa dan tsunami,” jelasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: