Jelang Bulan Suci Ramadan Harga Pangan Naik

Jelang bulan suci Ramadan, harga sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan. Hal ini kerap terjadi karena meningkatnya permintaan konsumen terhadap komoditas tersebut.

Menurut pantauan di Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, pada Selasa, 23 April 2019, sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga seperti bawang putih menyentuh Rp 50.000/kilogram, dari harga semula yang hanya Rp 40.000/kilogram. Untuk bawang merah Rp 40.000/kilogram, dari harga semula sekitar Rp 30.000/kilogram. Sedangkan daging ayam sekitar Rp 36.000/kilogram, dari harga awal Rp 33.000/kilogram.

Nana (65), pedagang sayuran di PAB menyebutkan, adanya kenaikan harga bawang merah jelang Ramadan tahun ini dikarenakan faktor cuaca di daerah penghasil. Petani terpaksa menaikkan harga karena stok di pasaran terbatas “Naiknya itu sekitar semingguan yang lalu. Ada faktor cuaca di daerah penghasil hujan terus dan kena banjir, jadi petaninya sepertinya gagal panen,” ungkapnya.

Sedangkan, penyebab naiknya bawang putih menurut Nana dikarenakan adanya faktor kebijakan impor bawang dari pemerintah. Seperti diketahui, pasca pemungutan suara 17 April lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menerbitkan izin impor 100 ton bawang putih. “Kalau harga bawang putih tergantung kesediaan, karena barangnya impor dan hanya pemerintah pusat yang pegang kendali,” kata Nana.

Enung (42), salah seorang pedagang ayam di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi menambahkan, jika kenaikan harga daging ayam memang lumrah terjadi menjelang Ramadan. Diprediksi harga itu akan bertahan sampai mendekati bulan Ramadan. “Kalau harga ayam naik udah sepekan lalu. Kayaknya sampai puasa bertahan harganya,” ujarnya.

Sementara untuk harga komoditas pangan lainnya, seperti daging sapi masih bertahan diharga Rp 110.000/kilogram. Beras medium di kisaran Rp 9.860-an/kilogram, beras premium kisaran Rp 11.900-an/kilogram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: