Hutan Kota Cermat Mulai Dibenahi

Hutan Kota Cermat di Kompleks Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah sempat terbengkalai lebih dari setahun dan saat ini sedang dibenahi. Hutan ini ditumbuhi rumput dan tanaman liar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko menyampaikan, bahwa penataan Hutan Kota yang dibangun sejak 2015 telah diserahkan ke dinasnya. “Perintah Pak Bupati, Hutan Kota harus segera dibenahi agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat berkumpul,” ungkapnya di Ngamprah, Senin 8 Oktober 2018.

Pembenahan tersebut sudah dimulai sejak kemarin dengan membersihkan rumput liar di areal jogging track, membersihkan tanaman liar, hingga menanam berbagai pohon produktif. Sedangkan untuk dana pembenahan areal tersebut tidak menggunakan APBD melainkan berasal dari relawan dan donatur.

Menurut pantauan PR, kawasan Hutan Kota di seberang Gedung A SKPD masih tampak tak terawat. Rumput liar tumbuh di areal jogging track begitu memasuki kawasan tersebut. Tanaman liar di sekitarnya pun membuat sekitar areal tersebut cukup semerawut.

Ia menargetkan jika penataan ini selesai pekan ini, sehingga pada pekan depan kawasan itu sudah bisa dibuka untuk publik. “Ke depan, hutan kota ini ditargetkan jadi tempat wisata alam publik. Masyarakat juga nantinya bisa memetik buah-buahan di sana,” tuturnya.

Apung menambahkan, Hutan Kota itu sejak awal sudah ditujukan bagi tempat berkumpul masyarakat. Areal tersebut terhubung dengan kawasan plaza yang juga bakal menjadi areal publik.

Nantinya, pemeliharaan dan pengelolaan Hutan Kota bisa saja diserahkan ke leading sector-nya, yakni Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. “Atau, bisa juga diserahkan ke pihak ketiga, bergantung kebijakan Pak Bupati nanti,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: