Hari Peduli Sampah Nasional, YPBB Bandung Perhatikan Kesejahteraan Kesehatan Petugas Pengumpul Sampah

Memperiati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), mengingatkan kita mengenai kejadian longsor sampah yang terjadi di TPA Leuwigajah Kabupaten Bandung pada 21 Februari 2005 lalu.

Akibat banjir sebanyak dua kampung hilang tertimbun sampah. Kampung tersebut adalah Kampung Cilimus dan Kampung Gunung Aki. Dan menelan korban sebanyak 150 orang.

Kurangnya pengelolaan sampah di pusat dan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah akibatnya hal itu pun terjadi.

Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) Bandung melakukan Program Zero Waste Cities yang berafiliasi dengan program kerja KangPisMan Kota Bandung.

Melalui program Zero Waste Cities ini, bermaksud untuk meningkatkan kualitas hidup petugas pengumpul sampah.

Ia menghimbau masyarakat untuk membersihkan wadah sampah dan memilih sampah sesuai dengan jenisnya.

Hal tersebut dapat meminimalisir munculnya kuman dan mengurangi penyakit akibat sampah yang dapat mempengaruhi kesehatan petugas pengumpul sampah.

Sebelumnya seorang petugas pengumpul sampah Hermawan meninggal akibat mengalami infeksi luka karena terkena tusuk sate saat mengumpulkan sampahyang tercampur.

Ia merupakan petugas pengumpul sampah di wilayah Kelurahan Neglasari, Kota Bandung.

Selain itu, banyak petugas juga mengaku sering terluka saat mengumpulkan sampah di sekitar rumah warga. Seperti yang di alami oleh Udin pengumpul sampahdi wilayah Kelurahan Sukaluyu.

Tak semua petugas pengumpul samph mempunyai kesadaran akan kesehatannya seperti Udin.

Sehingga YPBB melakukan pengarahan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk petugas pengumpul sampah di beberapa Puskesmas.

Melalui acara ini YPBB bekerjasama dengan DLHK Kota Bandung, UPT Puskesmas Cijerah, UPT Puskesmas Puter, dan UPT Puskesmas Neglasari.

Pengecekan kesehatan untuk para petugas sampah bertempat di Kantor Kelurahan Gempolsari pada tanggal 20 februari 2020, Kantor Kelurahan Sadang Serang pada tanggal 21 Februari 2020 kemarin.

Serta pada Taman Jalaprang Kelurahan Sukaluyu dilakukan 22 Februari 2020 tepatnya hari ini..

Kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat umum dan pemangki kepentingan di wilayah guna meningkatkan kesejahteraan para petugas sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: