Gedegabe-Pagarsih Masuk Kawasan Rawan Banjir

Memasuki musim penghujan, terdapat sejumlah titik di Kota Bandung yang kerap terkena banjir. Berdasarkan catatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, ada beberapa kawasan yang rawan banjir di Kota Bandung.

“Potensi besar kaitan rawan bencana, tiap kecamatan ada. Tapi paling dominan biasa terjadi seperti Pasteur, Pagarsih, Gedebage, dan Jatihandap (yang rawan banjir),” ucqp Kepala Diskar PB Dadang Iriana.

Menurutnya, Kota Bandung termasuk daerah yang rawan bencana. Sebagian besar bencana yang terjadi di Kota Bandung ialah banjir.

“Bandung memang rawan banjir. Tapi memang nggak berjam-jam. Paling Gedebage saja yang agak lama,” ungkapnya.

Guna menghadapi musim penghujan, pihaknya mengaku telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya menyiagakan tim rescue dan persiapan lainnya. “Ada empat UPT. Mereka kami siapkan SDM, peralatan siap siaga,” lanjut Dadang.

Ia pun mensosialisasikan kepada masyarakat agar ikut menjaga lingkungan. Jangan sampai pada musim hujan seperti sekarang ini membuang sampah ke sungai.

“Selain itu, Diskar PB melakukan sosialisasi penyuluhan, terutama partisipasi peran serta (masyarakat) untuk bebersih. Jangan sampai ada penyumbatan oleh sampah. Kemudian kami juga sudah imbau tidak bangun bantaran sungai,” jelas Dadang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: