Fungsi Air Ketuban Bagi Janin

Air ketuban berfungsi mendukung tumbuh kembang janin. Tak hanya itu, air ketuban juga berfungsi untuk perkembangan sistem paru-paru, pencenaan, otot, tulang, dan sistem imun janin. Berikut ini 8 fungsi lainnya air ketuban bagi janin:

Melindungi janin

Air ketuban dapat melindungi janin dari trauma langsung, panas, atau kedinginan. Tak hanya itu, air ketuban bisa menahan janin apabila ada tekanan dari luar.

Kontrol suhu

Air ketuban sebagai pengontrol suhu dapat mengisolasi janin dan menjaganya agar tetap hangat. Air ketuban juga dapat mempertahankan suhu yang teratur.

Sebagai kasur air

Air ketuban juga berfungsi untuk kenyamanan bagaikan kasur air yang empuk bagi janin.

 

Mendukung pembentukan jari yang sempurna

Sifat air ketuban yang melumaskan memiliki fungsi untuk mencegah bagian tubuh seperti jari dan jari kaki tumbuh bersama. Waspadalah bila air ketuban dalam jumlah kurang karena bisa membentuk anyaman pada jari-jari kaki.

 

Pengendalian infeksi

Tahukah Anda bahwa fungsi air ketuban juga bisa untuk pengendalian infeksi? Hal ini dikarenakan cairan ketuban mengandung antibodi sehingga mampu melawan bakteri.

Dukungan tali pusat

Fungsi air ketuban yang lain adalah untuk mendukung fungsi tali pusat. Tali pusat inilah yang mengangkut makanan dan oksigen dari plasenta ke janin yang sedang tumbuh.

Mempermudah pembukaan

Fungsi air ketuban yang terakhir adalah untuk mempermudah pembukaan. Air ketuban meratakan tekanan ke seluruh dinding rahim sehingga terjadi pembukaan serviks uteri sehingga persalinan pun menjadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: