Forum Bandung Sehat Membuka Fungsi Kolaborasi

Sarana prasarana sehat, seperti menjaga taman, menjaga gang-gang bersih, PR Open Defecation Free (ODF), bisa dengan mandiri atau intervensi pihak ketiga atau program dari pemerintah,” ujar Ketua Umum FBS, Siti Muntamah Oded, seusai memberi bimbingan teknis FBS, di Bandung, Selasa, 18 Juni 2019.

Perempuan yang biasa dipanggil Umi mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus dicapai FBS. Bimbinan teknis tersebut dipersiapkan untuk mempertahankan piala Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan yang diraih Kota Bandung 2018 lalu.

FBS pun telah menargetkan Kota Bandung 80% Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. Umi mengatakan, Kota Bandung memiliki 6 dari 151 kelurahan yang sudah ODF.

Keenam kelurahan tersebut ialah Kelurahan Citarum, Manjahlega, Paledang, Cihapit, Ciateul, dan Kelurahan Rancanumpang. Sementara itu, ia menargetkan tahun ini bisa 120 kelurahan ODF.

“Sebanyak 120 kelurahan akan kita kejar di tahun ini. Meskipun tidak mudah, tapi saya yakin bisa. Ini tanggung jawab kita bersama. Jadi kita lakukan bersama-sama,” ucapnya.

Jumlah itu adalah jumlah minimal yang tercantum dalam indikator jika Kota Bandung ingin mempertahankan piala Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan. Secara umum, lanjutnya pemerintah pusat juga akan menilai tujuh tatanan.

Penilaian teraebut meliputi, Tatanan Kawasan Pemukiman, Sarana, dan Prasarana Sehat, Tatanan Masyarakat Sehat dan Mandiri, Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, lalu Tatanan Pariwisata Sehat, ada pula Tatanan Kehidupan Sosial Sehat, Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat, serta komponen terbaru adalah Tatanan Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Pelayanan Transportasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: