Dua Bunga Bangkai Tumbuh di Lembang, Gegerkan Warganet

Ada dua bunga bangkai jenis suweg tumbuh di area tanam Kebun Percobaan Manoko, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB. Dua jenis tanaman bernama latin amorphopallus paeoniifolius cukup menyita banyak perhatian warganet.

Sebuah tayangan tumbuhnya tanaman itu diunggah oleh akun @kaniajee di akun instagramnya. Video tersebut diunggah kembali oleh beberapa akun.

Namun, bunga tersebut masih kuncup. “Saya enggak sengaja nemu itu (bunga bangkai), waktu jalan-jalan di balai pertanian,” tulis @kaniajee dalam keterangannya.

Penjaga Kebun Percobaan Manoko Kamal Iskandar menyebutkan, jika ia baru mengetahui ada bunga bangkai yang tumbuh di area tanam tersebut. “Saya baru tahu juga, mungkin saya akan segera laporkan ke atasan,” ucap Kamal.

Kamal mengungkapkan, kemungkinan tumbuhan yang berkerabat dekat bunga bangkai raksasa (amorphopallus titanium) dan iles-iles (a. muelleri) itu tumbuh dengan sendirinya. “Tidak ditanam secara sengaja,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tanaman ini menghasilkan getah yang membuat kulit gatal. Tetapi, umbi dari tanaman ini dapat dimakan dengan cara pengolahan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: