Dishub Jabar Dukung Upaya Rekayasa Jalan Sukajadi, Cipaganti, Setiabudi Kota Bandung

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mendukung upaya pemerintah kota kabupaten dalam menangani masalah kemacetan dalam kota, termasuk pada upaya Pemerintah Kota Bandung yang melakukan manajemen rekayasa arus lalu lintas di kawasan Sukajadi, Cipaganti, Setiabudi.

Menurut hasil rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Bandung, mereka bakal mengambil sejumlah langkah lanjutan guna mengurai titik antrean kendaraan yang masih terjumpa, di antaranya memodifikasi sejumlah taman, serta meminta kepada pihak mal PVJ agar menutup akses ke luar, dan masuk kendaraan yang berada di Jalan Sukajadi.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari menyebutkan, manajemen kawasan Sukajadi, Cipaganti dan Setiabudi pada umumnya membuat situasi lalu lintas lebih baik dari sebelumnya. Pemberlakukan jalur satu arah dari Jalan Sukajadi menuju Jalan Setiabudi bisa mengurangi tekanan terhadap ruas jalan yang kapasitasnya sulit untuk diperlebar lagi.

“Perbandingan dengan kondisi sebelumnya saya pikir jauh lebih baik untuk kepentingan Bandung secara keseluruhan terlepas ada pro dan kontra terkait upaya yang dilakukan pemerintah saat ini,” ucap Hery.

Menurut Hery, pesatnya pertumbuhan kendaraan tak seimbang dengan kondisi jalan di Bandung yang relatif kecil dan pendek. Dengan adanya manajemen rekasaya lalu lintas satu arah dengan risiko jarak lebih jauh, tapi untuk kepentingan arus kota Bandung keseluruhan menjadi lebih lancar meskipun masih ada beberapa titik kemacetan dan komplain.

“Tapi dari kita, dari kajian awal melihat kondisinya lebih baik dari sebelumnya,” ucap dia.

Hery mengatakan, bahwa kemacetan di Bandung dengan solusi apapun pasti akan menuai pro dan kontra, pasti ada yang dirugikan maupun yang diuntungkan.

Sebelumnya, akses ke luar, dan masuk PVJ yang berada di Jalan Sukajadi, menurut Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, turut menjadi penghambat arus lalu lintas. Dia telah menginstruksikan kepada jajaran Dishub Kota Bandung agar memerhatikan arus lalu lintas di Jalan Sukajadi berkoordinasi dengan pengelola PVJ.

Pemkot Bandung beserta dengan jajaran kepolisian, lanjut Yana, saat ini sedang berupaya agar manajemen rekayasa lalu lintas Jalan Sukajadi dan sekitarnya menjadi efektif mengurangi kemacetan. Untuk memperlancar arus lalu lintas, Pemkot Bandung akan memododikasi sejumlah taman, seperti yang terletak di sekitar Jalan Cemaran, dan seberang RSHS. Bentuk modifikasi, yaitu dengan membongkar sebagian bidang taman. Pertimbangan tersebut berlandaskan kondisi saat ini, masih terjumpa titik antrean di sekitar Jalan Cemara, dan Jalan Otten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: