Desa Kertajaya Creative Center di Bandung

Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan telah meresmikan Desa Kertajaya Creative Destination (DKCD) di Kampung Sodong, Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada akhir pekan lalu. DKCD diharapkan untuk menjadi salah satu destinasi wisata kreatif di Bandung Barat.

Pencanangan DKCD merupakan hasil prakarsa PT Pertamina dengan memanfaatkan corporate social responsibility (CSR). Bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kertajaya dan Saung Seni Barli, Pertamina tengah melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan kesehatan.

“Pembinaan yang kami lakukan berupa pelatihan, benchmark kawasan tematik. Kalau ada wisatawan yang berkunjung ke Bandung Barat, jadi bisa ke sini, bisa membeli olahan makanan dan hasil kerajinan warga di sini, maupun melihat seni dan budaya di sini,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR III PT Pertamina Dian Hapsari Firasati.

Menurutnya, pemilihan Desa Kertajaya adalah sebagai sasaran program CSR karena Kertajaya merupakan Ring I Terminal BBM Padalarang. Pemberdayaan masyarakat guna mengangkat berbagai potensi desa di Kertajaya.

Dengan melalui program CSR ini masyarakat Kertajaya pun dapat menghasilkan beragam kerajinan dan olahan makanan yang sehat  dan dapat dijual di Saung Seni Barli. “Di sini bisa dilihat ada kerajinan segel mobil tangki, produksi turban, produksi animasi, kemudian di bidang kesehatan kami membina buat pengolahan makanan sehat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: