Daya Menerapkan Pengolahan Sampah Secara Mandiri di Kota Bandung

Kecamatan, dan kelurahan memiliki daya membangun dan menerapkan berbagai metode pengolahan sampah, seperti di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Pendopo.

Kecamatan ataupun kelurahan dapat menggunakan anggaran dari Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) untuk membangun TPST. Demikian ucap Direktur PD Kebersihan Gun Gun Saptari Hidayat di Pendopo Kota Bandung, Jalam Dalemkaum, beberapa waktu lalu. 

Menurut Gun Gun, Wali Kota Bandung Oded M Danial memberi arahan kepada para penerima manfaat PIPPK supaya menggunakan 10% dana untuk peningkatan kualitas lingkungan, dan penanganan sampah.

Pemanfaatan PIPPK, Gun Gun menyebutkan, bergantung kemufakatan para penerima. Pihaknya bersama Pemkot Bandung terus berupaya menggugah kesadaran masyarakat agar mengolah sampah secara mandiri melalui kampanye, dan pendampingan. Mengenai itu, pihaknya memerlukan dukungan pemimpin informal di tiap-tiap wilayah.

Menurut pengamatan Gun Gun, terjadi pelambatan laju peningkatan volume sampah dari Kota Bandung yang diangkut ke TPA mulai 2019. Peningkatan volume sampah dari Kota Bandung yang diangkut ke TPA sekitar 4% pada 2019. Pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan volume sampah yang diangkut sekitar 5-10% per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: