Daun Teh di Kertasari Bandung Diselimuti Es

Embun es ternyata menyelimuti perkebunan teh di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pucuk teh tersebut mengering dan juga menghitam.

Dilansir laman detik.com, pada Kamis (18/7/2019) pucuk teh yang ada di Desa Tarumajaya dan Desa Santosa, Kecamatan Kertasari menghitam akibat fenomena perubahan suhu ekstrem di wilayah tersebut.

Salah satu mandor perkebunan teh, Igin (64) menyebutkan, bahwa dampak tersebut ternyata terjadi karena peralihan musim. “Dari musim hujan ke kemarau, suka seperti ini,” ucap Igin.

Igin menyampaikan, pucuk teh yang membeku dan dilapisi embun es itu menjadi mengering dan menghitam. Akibatnya pucuk tersebut tidak dapat dipanen.

“Ya jadinya gini, berubah warna menjadi hitam. Masih dipetik, tapi ya dipilih saja yang bisa dipanen karena tidak semuanya menghitam,” ungkap Igin.

Igin melanjukan, adanya hal tersebut memang sudah biasa bila terjadi peralihan musim. “Setiap tahun juga gini, daun yang menghitam itu kita ketika, nanti juga tumbuh lagi daun yang bagus,” terangnya.

Sedangkan, Uga (46) berprofesi sebagai buruh petik teh, mengaku jika pendapatannya menurun akibat cuaca ekstrem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: