Buang Sampah Sembarangan Terancam Denda hingga Rp 500 Ribu

Kini masyarakat harua lebih menjaga dan memelihara kebersihan di Kabupaten , pasalnya saat ini masih terbilang rendah. Pemkab Garut telah berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar Garut bisa lebih bersih terutama dari tumpukan sampah.

Menurut Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Garut, Guriansyah, salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Garut untuk lebih menciptakan dan menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membentuk tim khusus. Tim khusus yang diberi nama Tim Tipiring (tindak pidana ringan) ini memiliki tugas dan kewenangan menindak para pelanggar kebersihan atau masyarakat yang membuang sampah sembarangan

“Saat ini masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di antaranya ke sungai atau pinggir jalan. Ini tentu sangat mengganggu karena sungai dan jalan jadi dipenuhi dengan sampah dan ini tentu saja sangat tidak sehat,” ungkap Guriansyah, pada Kamis 13 Juni 2019.

Dia menyebutkan, ttugas di tim khusus Tipiring terdiri dari beberapa lembaga terkait seperti DLHK, Satpol PP, Polri, dan TNI. Nantinya akan dikeluarkan aturan dimana setiap warga yang ketahuan membuang sampah secara sembarangan akan dikenakan sanksi denda paksa antara Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu.

Dengan cara seperti ini lanjut Guriansyah, diharapkan bisa lebih menimbulkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan termasuk dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: