Berkebun Bisa Turunkan Risiko Kanker Prostat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa memliki hobi berkebun ternyata bisa membantu menurunkan risiko kanker prostat. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Bristol University, Inggris dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak dari kebiasaan berkebun. Setidaknya, 140 ribu pria dilibatkan dalam penelitian ini.

Hasilnya, mereka yang lebih rajin melakukan aktivitas fisik memiliki risiko lebih kecil 51 persen untuk terkena kanker prostat. Menariknya lagi, aktivitas fisik yang ringan seperti berkebun atau berjalan kaki dianggap bisa menurunkan risiko dari penyakit ini dengan efektif.

“Kami ingin memberikan pesan bahwa jika kaum pria ingin mencegah kanker prostat, sebaiknya lebih rajin melakukan aktivitas fisik,” ujar salah satu peneliti, dr. Sarah Lewis.

Lewis mengungkapkan, aktivitas fisik seperti olahraga memang lebih direkomendasikan. Namun, banyak orang yang terlalu sibuk di hari kerja, maka aktivitas ini belum tentu bisa rutin dilakukan. Dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan seperti dengan lebih rajin berjalan kaki atau melakukan hobi seperti berkebun, dampaknya bagi risiko kanker prostat akan sama.

Lewis menyebut kegiatan seperti berkebun ini sangatlah bermanfaat bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun

Penelitian lain yang dilakukan tim gabugan dari World Cancer Research Fund (WCRF) serta Cancer ResearchUK yang dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Epidemiologymenghasilkan fakta bahwa lebih dari 16 persen pria yang ada di Inggris didiagnosis kanker prostat. Kasus ini cukup tinggi sehingga membuat para pria sangat disarankan untuk lebih rutin melakukan aktivitas fisik demi mencegah datangnya penyakit ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: