Bandung Hasilkan 150 Ton Sampah Plastik Per Hari

Kota Bandung menghasilkan sekitar 1.600 ton sampah setiap harinya. Dari jumlah tersebut, 30 persennya merupakan sampah anorganik.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana Hadimin menyebutkan, dari 30 persen sampah anorganik, 10 persennya merupakan sampah plastik. Itu berarti, jumlah sampah plastik yang dibuang oleh warga Bandung per hari seitar 100-150 ton.

“Memang kebanyakan sampah yang dihasilkan warga Bandung itu sampah organik yang bisa diolah menjadi kompos,” ucapnya dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu 1 Desember 2018.

Sedangkan, menurut Deni Nurdyana Hadimin, sampah plastik mempunyai beberapa nilai ekonomis seperti botol plastik, kemasan makanan, ataupun minuman yang dibuat untuk kerajinan tangan.

“Melihat potensi itu, Pemkot Bandung menggagas Bank Sampah. Tujuannya, agar sampah dipilah dari sumbernya,” ungkapnya.

Mengenai sampah kantong plastik atau kresek, Deni Nurdyana Hadimin menyampaikan, jumlahnya cukup banyak. Terbitnya Peraturan Daerah Nomor 17 tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik tak berbanding lurus dengan pelaksanaannya.

“Makanya, dalam waktu dekat kami akan mengundang asosiasi ritel untuk mengingatkan kembali aturan tersebut, termasuk menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat,” tuturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: